Jumat, 31 Oktober 2014

Macam Karya Seni Rupa Nusantara





I. SENI RUPA NUSANTARA

Pengertian dari seni Nusantara yaitu bermacam bentuk kesenian yang tumbuh serta berkembang di semasing daerah yang ada di semua lokasi Indonesia. Macam bentuk kesenian Nusantara tumbuh juga sebagai hasil olah budaya orang-orang yang hidup disuatu lokasi sesuai sama kebiasaan istiadat serta keadaan lingkungannya. Dari demikian banyak bentuk kesenian yang berkembang, satu diantaranya yaitu bentuk karya seni rupa.

Bentuk karya seni rupa tiap-tiap daerah berbeda, seluruhnya memiliki ciri khas yang tidak sama dengan daerah lain. Hal semacam ini karena karya seni rupa yang dihasilkan adalah bentuk pemrosesan ide, tehnik, media ataupun ketrampilan dari orang-orang yang mem-buatnya.

Walau memiliki bentuk sangatlah bermacam, kalian masih tetap bisa nikmati keindahan dari bermacam bentuk karya seni rupa daerah itu. Kenapa? Lantaran seni memiliki bebe-rapa karakter seperti berikut :

a. Kreatif

Kekuatan untuk merubah atau bikin suatu hal yang belum pernah ada.

b. Individu/kelompok

Ciri khas yang menempel pada suatu karya yang membedakannya dengan hasil karya orang lain atau grup orang-orang lain.

c. Perasaan

Penciptaan seni senantiasa melibatkan emosi, ekspresi serta perasaan.

d. Abadi

Keindahan atau kesan yang di sampaikan sipencipta karya bakal di terima oleh orang yang lihat atau mendengarnya. Hal semacam ini bakal bertahan kurun waktu yang lama bergantung pada keindahan yang dihasilkan.

e. Umum

Tak mengetahui batasan lokasi. Seni bisa di terima dengan cara umum oleh semua bangsa, bhs berlaku selama saat.

Berdasar pada dimensinya

Karya seni rupa dibedakan jadi dua yakni karya 2 dimensi serta karya 3 dimensi. Pengertian dimensi yaitu ukuran yang mencakup panjang, lebar serta tinggi atau volume. Karya seni yang memiliki tiga ukuran dimaksud karya 3 dimensional atau tri matra, sedang karya seni yang cuma memiliki dua ukuran yakni panjang serta lebar dimaksud karya seni 2 dimensional.

Berdasar pada Kegunaannya

Karya seni yang dihasilkan manusia tak hanya untuk keindahan saja, namun sebagian salah satunya di buat untuk dipakai juga sebagai keperluan atau kelengkapan hidup. Hingga karya seni dibedakan jadi dua yakni karya seni rupa murni serta karya seni rupa terapan.

a. Aplied art/Useful Art (Seni Terapan)

Yakni karya seni yang di buat terkecuali untuk sisi keindahan juga dipakai juga sebagai alat keperluan keseharian. Bisa disebutkan, karya seni ini memiliki manfaat ganda. Misalnya : meja, kursi, sepatu, arsitektur bangunan, gerabah dsb.

b. Pure Art/Fine Art (Seni Murni)

Yakni karya seni yang di buat cuma untuk keperluan batin saja. Pembuatannya cuma mempunyai tujuan untuk pemenuhan rasa keindahan serta keperluan ekspresi seniman saja. Misalnya : lukisan serta patung karya beberapa seniman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar